PENGARUH BEBAN GAJI, UPAH DAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN TERHADAP MODEL ALTMAN Z-SCORES

Authors

  • Eny Suheny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten
  • Retno Riyani Kusumawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten
  • Ira Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Banten

DOI:

https://doi.org/10.46306/rev.v1i2.21

Keywords:

Model Altman Z score, Beban Gaji, Upah, Kesejahteraan Karyawan, Beban Pokok Pendapatan Beban Penjualan, Beban Umum Dan Administrasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Beban Gaji, Upah Dan Kesejahteraan Karyawan pada Beban Pokok Pendapatan, beban Gaji, Upah dan Kesejahteraan Karyawan Pada Beban Penjualan Dan Beban Gaji, Upah Dan Kesejahteraan Karyawan Pada Beban Umum dan Administrasi terhadap Model Altman Z score pada perusahaan Sub Sektor Logam. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Subsektor Logam yang terdaftar di BEI. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan puposive sampling dan dip[eroleh 11 perusahaan dengan periode penelitian 2015-2018. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Statistical Program For Special Science (SPSS) versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Beban Gaji, Upah dan Kesejahteraan Karyawan Pada Beban Pokok Pendapatan berpengaruh signifikan terhadap Model Altman Z score, selanjutnya Beban Gaji, Upah dan Kesejahteraan Karyawan Pada Beban Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Model Altman Z score dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Beban Gaji, Upah dan Kesejahteraan Karyawan Pada Beban Pokok Pendapatan berpengaruh signifikan terhadap Model Altman Z score

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiqoh, Luluk.2018.Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Risiko Kebangkrutan Bank Umum Syariah Di Indonesia (Metode Altman Z-Score Modifikasi).Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Airlangga

Aprilliadi, T. (2020). PENGARUH RASIO CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN LOANS TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PREDIKSI KONDISI BERMASALAH PADA SEKTOR PERBANKAN. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, 1(1), 68-80.

Arini, S. danTriyonowati. 2013. Analisis Altman Z-Score Untuk Memprediksi

Kebangkrutan Pada Perusahaan Farmasi di Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 2 No. 11.SekolahTinggiI lmuEkonomi Indonesia(STIESIA) Surabaya.Diakses tanggal 28 Oktober 2016.

Andy, Oktavianus. (2015). Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Zmijewski, Dan Grover, Sebagai Prediktor Financial Distres.Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Brigham, Eugene F & J. Fred Weston. 2005. Manajemen Keuangan. Erlangga.Jakarta.Jaya,Asmara Ketut.2014.Laporan Keuangan merupakan Alat dalam Memprediksi Kecendrungan Terjadinya Kebangkrutan Perusahaan dengan Menggunakan Model ALTMAN (studianalisis).Jurnal Akuntansi FE Untar.Volume XVIII/02/Mei/2014.Nomor 02 hal 166-187.

Galih, H.Rafa Adi.2017. Penerapan Akuntansi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Perusahaan.Politeknik Piksi Input Serang

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23.Edisi 8.Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, Sanusi.2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan.Yogkakarta:Deepublish.

Hanafi, Mamduh M. 2014. Manajemen Keuangan. Cetakan ke-7.Yogyakarta :BPFE.

Hery.2015.Analisis Kinerja Manajemen.Jakarta:GramediaWidiasarana.

Islahuzaman.2006.Akuntansi Sumber Daya Manusia dan Kendala dalam Penerapannya.Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi , 8 (1), 1026-1038.

Indrayani.2016.Analisis Perbandingan Penggunaan Metode Altman Z-Score Dan Springate S-Score Dalam Memprediksi Kebangkrutan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2012-2014).Dosen Feb Akuntansi Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Kasmir.2011.Analisis Laporan Keuangan.Penerbit Rajawali Pers.Jakarta.

Kurniawati, Suci.2016.Analisis Kebangkrutan Dengan Model Altman Z-scores Pada Perusahaan Subsektor Logam Dan Sejenisnya Di BEI Periode 2014.Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Rawa Mangun.

Kusumawati,Retnoriyani.2017.Perilaku Biaya Sumber Daya Manusia Dan Pengaruhnya Pada Kinerja Perusahaan.(Studi Kasus Pada Perusahaan Industri Bahan Baku Kemasan Terbuka).STIE Banten.

Nurdin, Irsyad. (2012). Peranan Analsis Metode ZScore Dalam Memprediksi Kebangkrutan Suatu Perusahaan Dan KaitannyaTerhadap Harga Saham (StudiPada Perusahaan Perbankan Yang Go Public Di BEI .Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Siliwangi.

Purnama, Nur Ali, dkk.2014.Penerapan Akuntansi Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Keuangan Pada Pt. Bank Mandiri Tbk.Fakultas Ekonomi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Pressman, Steven. 2002. Lima Puluh Pemikir Ekonomi Dunia. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Putri, Nadia Iswari. Dan Diyani, Lucia Ari. 2016. Analisis Rasio Keuangan Dan Metode Z-Score untuk Menilai Kinerja Keuangan serta Memprediksi Kebangkrutan pada PT. Herba Medica Indonesia Tahun 2010 – 2012.Kalbisocio Volume 3 No. 1.Diaksestanggal 01 November 2016.

Priyati, Desi Dwi.2014.Pengukuran Akuntansi Sumber Daya Manusia DanPengungkapannya Dalam Laporan Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum Purbalingga.Fakultas Ekonomi, Universitas Muhamadiyah Purwokerto.

Prihadi, Toto. (2010). Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi.Penerbit PPM. Jakarta.

Sari, Rani Novita.2016.Perlakuan Akuntansi Biaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Samarinda.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia.

Sudiyanto, Bambang.2010.Tobin’s Q Dan Altman Z-Score Sebagai Indikator Pengukuran Kinerja Perusahaan.Tobin's Q And Altman Z-Score As Indicators Of Performance Measurement Company.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke26. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-18. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:CVAlfabet.

Sukirno, Sadono. 2008. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Sumarsono, Sonny. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia, Teori dan Kebijakan Publik. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Sulistiawati,Rini.2013.Pengaruh Upah Minimum terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Indonesia. Jurnal EKSOS.vol 8 no.3.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 13 Tahun 2000 Tentang Ketenagakerjaan. Jakarta.

Wulandari, Fitria, dkk.2017.Analisis Prediksi Kebangkrutan Menggunakan Metode Altman (Z-Score) Pada Perusahaan Farmasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015).Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Suheny, E. ., Kusumawati, R. R. ., & Handayani, I. . (2021). PENGARUH BEBAN GAJI, UPAH DAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN TERHADAP MODEL ALTMAN Z-SCORES . Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 171-181. https://doi.org/10.46306/rev.v1i2.21