ANALISA PENGARUH PENINGKATAN KUANTITAS PRODUK CACAT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.X)

Authors

  • Margareta Margareta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Abdul Hamid Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46306/rev.v2i1.63

Keywords:

Kuantitas, Cacat Produk, Perusahaan Manufaktur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh meningkatnya kuantitas  produk cacat pada perusahaan manufaktur dengan mengambil Studi Kasus pada PT. X. Kuantitas produk cacat memiliki dampak terhadap kualitas produk yang dihasilkan suatu perusahaan. Selain bertujuan untuk meneliti pengaruh tersebut, penelitian ini juga memiliki tujuan lain. Penelitian ini diharapkan dapat berdampak positif bagi kualitas produk, dengan meminimalkan adanya cacat produk pada PT X. Harapan ini diwujudkan dengan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Terdapat beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini, seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan focus group discussion. Penelitian ini menggunakan data produk cacat dari PT X sebagai data primer. Untuk meningkatkan akurasi data penelitian, penelitian ini disertai adanya responden sebagai sumber informasi sekunder yang membantu untuk melancarkan penelitian tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brotoharsojo, Hartanto & Wungu, Jiwo, 2003, Tingkatkan Kinerja Perusahaan dengan Merit System, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Dharsono, W. W. (2017). Penerapan Quality Control Circle Pada Proses Produksi Wafer Guna Mengurangi Cacat Produksi (Studi Kasus di PT. XYZ Jakarta). JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa Volume 2, No 1 Juli 2017.

Mursyidi. (2008). Akuntansi Biaya: conventional, just in time /RAD Jakarta: Refika Aditama.

Narsih. (2019). Analisis Penurunan Kualitas Produk Studi Kasus Pada PT. X Pharma. Semarang: Universitas Semarang.

Windarti, T. (2014). Pengendalian Kualitas Untuk Meminimasi Produk Cacat Pada Proses Produksi Besi Beton. J@TI Undip, Vol IX, No 3, September 2014.

Wiyatno, T. N., & Fachraji, R. A. (2016). Analisa Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Pada Hasil Produksi Genteng Keramik Berglazur di PT. XYZ. Jurnal Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016 Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Margareta, M., & Hamid, A. . (2021). ANALISA PENGARUH PENINGKATAN KUANTITAS PRODUK CACAT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.X) . Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 199-204. https://doi.org/10.46306/rev.v2i1.63