PENGARUH ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS INVESTASI, DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANAFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN

Authors

  • Lisda Oktofia Universitas Bina Bangsa
  • Ibrohim Ibrohim Universitas Bina Bangsa
  • Rika Kartika Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.46306/rev.v2i1.36

Keywords:

Return saham, arus kas operasi, arus kas investasi, arus kas pendanaan, Current Tax, Uncollectible Accounts Receivable, Deferred Tax Benefit, Corporate Income Tax

Abstract

Abstrak

 Rata-rata dari Arus Kas Operasi perusahaan makanan dan minuman cenderung mengalami penurunan dari tahun 2015-2019,  rata-rata dari arus kas investasi dan arus kas pendanaan mengalami fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019 secara parsial dan simultan.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari 18 perusahaan. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling method dan diperoleh 8 perusahaan sebagai sample penelitian. Periode pengamatan adalah 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap return saham, arus kas investasi tidak berpengaruh terhadap return saham, dan arus kas pendanaan berpengaruh terhadap return saham, sedanngkan  secara simultan menunjukan bahwa arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan berpengaruh terhadap return saham

Downloads

Download data is not yet available.

References

------------------------ 2017. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE.

Abdul, M. Haris., Y, Sunyoto. 2018. Analisis Pengaruh Total Arus Kas, Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi Terhadap Return Saham. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi No. 44/Thn. XXV.

Ang, Robert. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta : Mediasoft Indinesia.

Arifin, Ali. 2001. Membaca Saham. Edisis Pertama. Yogyakarta : Andi Offset.

Conelius, Aldy., Hanna. 2019. Pengaruh Informasi, Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi, dan Ukuran Perusahaan Tehadap Harga Saham Property dan Real Estate. Jurakunman Vol. I, No. 11.

Darmaji., and Fakhruddin. 2012. Pasar Modal Indonesia. Edisi Ke 3 Jakarta : Salemba Empat Fahmi, Irham. 2012. Analisis Lporan Keuangan. Cetakan ke 2, Bandung : Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Cetakan Keempat.

Harahap, S. S. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hartono, Jogiyanto. 2014. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE.

Karina. 2017. Aplikasi SPSS. Serang : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIBA.

Mintardjo, r. 2010. Praktek Akuntansi Bank. Jakarta : Erlangga.

Murhadi, Werner. R. 2013. Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Vaaluasi. Saham. Jakarta:

Noor, Zaid, Wahid. 2018. Pengaruh Laba Akuntansi damn Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham. Sekolah Tinngi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta.

Rever, M. J. 2009. Pengaruh Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Rihefenti, ernayani., C. Prihandoyona, Abdiannur. 2015. Pengaruh Komponen Arus Kas dan Pengaruhnya Terhadap Return Saham. Jurnal Sosial Humaniora dan pensisikan VOL., 2 NO. 1.

Sapto, Raharjo. 2006. Kiat Membangun Aset Kekayaan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Semarang : Badan Penelitian Universitas Diponegoro.

Shinta Ayu, Devi Nurmalasari., Arief Yulianto. 2015. Analisis Pengaruh Perubahaan Komponen Arus Kas Terhadap Return Saham. Manajemen Analisis Jurnal. VOL.,4 NO.4.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatuf Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wahyudiono, Bambang. 2014. Mudah Membaca Lporan Keuangan. Jakarta : Ratih Asa Sukses.

Waluyo. 2012. Perpajakan Indonesia. Edisi 10. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Ariska, M., & Fahru, M. (2020). Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas dan Pengaruhnya Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, 1(1), 133-142.

Halim, K. I. (2020). PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, 1(2), 227-232.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Oktofia, L. ., Ibrohim, I., & Kartika, R. (2021). PENGARUH ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS INVESTASI, DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANAFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 15-25. https://doi.org/10.46306/rev.v2i1.36